Posted in Tentang Daffa

Lama ga berkuda

Kapan ya Daffa terakhir berkuda? Yang jelas, selama ramadhan yang sudah berjalan hampir 3 minggu ini,Daffa belum pernah lagi berkuda. Haduh,gimana sih mamanya, kok bisa teledor begitu?! Mana hikingnya juga ga optimal, halahdalahhhh….plissdeh,mom!

Terapisnya bilang,kontrol tubuh Daffa masih agak kurang. Meluncur masih asal jatoh aja, perencanaan gerak dalam memanjat juga belum optimal,sewaktu-waktu dia berhenti di tengah seperti bingung mau ngapain lagi. Barangkali memang karena hiking dan berkudanya yang off selama bulan puasa ini.

Nih,pembelaan diri mamanya: ga bisa hiking karena tiap sabtu-minggu ada aja halangannya, silaturahmi kesana-sini,ngejar target berenang (padahal bisa lain hari,kan?), ada pengajian subuh di rumah,dan lain-lain. Ga bisa berkuda gara-garanya tidur siang Daffa yang kesiangan,bangunnya magrib deh! Padahal di Pacuan kuda PuloMas,kudanya udah bubar magrib-magrib….Pernah juga sih Daffa bangun jam 4-an, eh mamanya ga siap-siap,. Belum masaklah, belum ngepel rumahlah, belum jemur cucianlah (padahal udah di spin dari kapan tau), jadi ga jadi deh….Kalo udah begini, kepingin deh punya asisten lagi…

Kemaren,alhamdulillah aku berhasil ‘memaksa’ Daffa tidur siang jam 1-an,dengan harapan bisa bangun Ashar dan berkuda deh…Dasar mamanya lagi slebor, meski Daffa udah bangun jam 4 sore, tetep aja ga berangkat-berangkat. Daffanya rewel,minta dipeluk sampai 15 menit lebih, aku ga bisa ngerapiin kamar jadinya. Belum mandi pula. Hasilnya, baru berangkat ke Pacuan kuda sekitar jam 5 sore! Itu juga ditambah sesi acara bolak-balik dulu ke rumah,karena adaaa aja yang ketinggalan. Arggghhh!

Tau jam berapa nyampe PKP (disingkat aja deh ya…)?? Jam 17.25 ! . Woooii, mau buka bentar lagi! Buru-buru ku cari tukang kuda cilik langgananku. Aku minta waktu keliling 15 menit saja, ga setengah jam seperti biasanya. Udah kesorean gitu lho….Sekedar info ajah, tarif berkuda disini dua kali lebih mahal dibanding di Tretes,Jawa Timur. Di sini setengah jam kena 40-50 ribu,nah kalo di Tretes,itu mah tarif satu jam. Mana medannya lebih OK di Tretes,ada naik turunnya, udaranya sejuk karena pegunungan,dan ternyata lebih murah pula….Kalo di PKP, selain tarifnya lebih mahal, lingkungannya kurang asyik. Gersang,dan maaf,bau ee’ kuda-nya suka bikin ga nahan….Tapi lumayanlah,..daripada tidak sama sekali. Kapan-kapan nyoba berkuda di kawasan Puncak kali ya sehabis hiking…Tapi, overload ga tuh ntar Daffanya?

Ini ku sempetin moto Daffa lagi diatas kuda

Sempat ngeri juga,takut Daffa ngedadak loncat karena aku mesti agak ngejauh untuk ambil gambarnya. Alhamdulillah dia masih setia pegang talinya,suatu kemajuan sebenarnya. Secara sebelumnya Daffa ga pernah mau pegang tali kekang,jadi mengkhawatirkan deh…Terpaksalah tanganku mesti selalu siaga di belakang punggungnya….

Beranjak dari topik sedikit, aku suka trenyuh kalo lihat anak-anak yang nyewain kuda ini (apa ya istilahnya? kok lupa). Mereka kurus-kurus, bener-bener ga terawat…Dan pada ga pake sendal pula! (ada juga yang pake, beberapa….). Tau kan disana,ee’ kuda dimana-mana, ga takut keinjak beling atau kena tetanus? Kutanyain ini sama si Dwan (langgananku itu), katanya mah udah biasaaaa…Yah, itulah the other side of life..

Kadang kita lebih beruntung daripada orang lain, semoga menjadikan kita pandai bersyukur. Dan ketika kita lebih kurang dari orang lain, jadilah sabar….

Ayo,madaff, lebih semangat lagi ngasih “makanan pokok” sensorik integrasi-nya…

Besok berenang yuuuukkkk…

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

13 thoughts on “Lama ga berkuda

  1. Wah, Daffa keren loh…mirip Ksatria Penunggang Kuda :D…. Iya betul, dari foto di atas melihat anak2x yang memegang kuda, miris sekali rasanya. Hmmm, moga2x lebaran kali ini rejeki mereka tambah lancar… (loh kok nggak nyambung yah komeng-nya)… Salam manis selalu🙂

    Hehehe, bisa aje mba feli, bukannya mirip si Pitung?:D
    emang, mudah2an mereka dapat rejeki banyak lebaran ini….Kasian anak-anak itu.”

  2. Wah Daffa begitu beruntungnya,.. seumur itu udah naik kuda,.. saya insyaAllah belum pernah naik kuda Uni,…. hiks hiks,….
    Untuk Ni Ade,.. tetap semangat,… dan ceria selalu🙂

    “Iya,Om…emang keren anak sekarang, maknya daffa juga ga berani hehehe…Makasa supportnya Da avartara”

  3. ayo daffa, pacu kuda mu…
    saya kalah sm daffa, saya sendiri belum pernah nunggangin kuda…

    “Wah,Om Cat…di Bandung bukannya banyak tuh? Ayo cobain,masa kalah dari Daffa?😀 “

  4. wuih..Daffa keren bo’… kaya Robin Hood..hehehehe.
    Uni, aku mo tanya.. latian berkuda banyak membantu untuk apa ya? Cheers

    “Insyaallah berkuda itu bagus untuk input sensory vestibilarnya,dew…Jadi, bisa melatih keseimbangan anak, melatih otot punggung untuk tegak, melatih konsentarsi anak saat belajar,untuk melatih tactile (peraba),bila anak menyentuh bulu kuda,dan mengenalkan anak pada binatang juga….Lho, apa hubungannya dengan terlambat bicara??
    Dalam sistem syaraf pusat kita,sistem sensory menduduki posisi paling dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ingat Hierarki Maslow?Nah hampir mirip dengan itu piramidnya…
    Singkat cerita, tactile (sensor raba), vestibular (sensor keseimbangan),dan proprioseptif (sensor tonus otot), mendapat posisi pertama yang harus dibenahi dan dikuasai terlebih dahulu…Dia berada dilapisan pertama hierarki SSP. Sedang, ‘auditory language skills’ berada di lapis keenam! Dengan kata lain, benahi dulu input sensory-nya,soal ngomong mah bonusss…

  5. Hallo Daffa!! Hebat ya, Daffa jadi penunggang Kuda. Naik kuda gimana sih rasanya? Saya pelum pernah loh, paling juga pernah naik kuda di Padang Panjang tapi naiak Bendi……

    “Iya nih Om, mau ga mau mesti dibiasain….Tapi si mama curang, nyuruh Daffa naik kuda, eh dia sendiri ngeri….Maunya naik bendi aja kali yaa….hehehe”

  6. hai daffa…ikutan berkuda dong, secara kayla belum pernah naik kuda, cuma naik andong, he he… kami doakan semoga daffa terus mengalami kemajuan yang pesat ya… kami juga sayang daffa lho…

    “Kalo lagi liburan ke Tretes atau Trawas, di coba ajah mam…Mungkin Kayla suka”

  7. Mama Daffa, Selamat Idul Fitri, Maaf Lahir Batin…. Maaf kalau telat dan baru sempat mampir.

    Mmmm, mudik yah….ikut dong… Kangen dengan masakan Padang nih… *berkhayal sedang di warung Padang dengan pilihan menu beraneka rupa hmmmm, nyam…nyamm….*

    Maaf juga telat reply nya…Mohon maaf lahir batin juga Mba…Mimpiin aku ajah mba, biat tak bikinin rendang tanpa santan….hehehe….*pegimane rasane??*

  8. Ass Uni..

    Pha Kbr ne..?Mau dunk ikutan naik kuda ma Daffa.hee…

    Alhamdulillah,kabarnya Luar Biasa!hehehe…Ini yeka yang mana nih? Mmmm,…yang itu bukan ya??Itu…..yang ketemu pas mudik kemaren,yang ikut silaturahmi ke rumah Om bareng adik iparku?*sambil kedip-kedip mata*

  9. Salam kenal, mama & papanya Daffa. Saya mamanya Dzaki, sedang terapi di pulomas juga.Berkudanya hasilnya efektif ya? ini belum saya coba krn msh kawatir dgn tubuh anak saya yg kurus dan kecil sekali.Saya add Site ini di blog saya http://milanapandanwangi.blogspot.com Sapa tahu saya bs belajar banyak dr kemajuan Daffa yg pesat.

    Wah,…justru kayanya saya yang harus belajar banyak dari mama Dzaki….Senang sekali ketemu Ibu di sini, teman seperjuangan…Let’s Play!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s