Posted in okupasi dan speech therapy, Tentang aku dan pikirku

Capek,Daff?? Jalan lagi yuuuk…

Alhamdulillah,…minggu ini semua target makanan pokok Sensory integarasi Daffa tercapai. Berenang dua kali, berkuda satu kali, dan hiking (yang ga asal jalan-jalan ajah) juga tercapai!
Minggu pagi,jam 6.30 kita udah berangkat dari rumah.Meski Daffa masih pulas tidur,dan agak rewel ketika di bangunkan,di tega-tegain aja angkat Daffa dari peraduan untuk pipis, cuci muka di kamar mandi, dan langsung di gendong ke mobil. Ga mandi, masih setengah sadar…Maap ya Nak, biar kita ga kejebak macet di Puncak nanti karena tujuan kita kali ini adalah PERKEBUNAN TEH GUNUNG MAS,PTPN VIII.

Sampai di sana,pukul 8 pagi. Daffa di ganti bajunya,di cuci mukanya,dan didandanin sedikit biar ga keliatan kalo ga mandi hehehe…Sebenarnya ini udah perjalanan kedua ke sini, sebelum puasa kita kita sudah coba juga, trus sempat bolong hikingnya gara-gara sibuk cari sekolah dan rumah. Paling keliling sekitar Jakarta aja…

Sempat terjadi aksi ngambek sih,gara-gara Daffa ga dapat ijin untuk jajan chiki…Sampai akting pura-pura jatuhin badan ke jalanlah,dan menangis sejadi-jadinya! Aku sebenarnya udah ga tega ngeliatnya, untung aja si papa ‘keukeh’, Daffa pun akhirnya nurut tapi tak rela. Alias mau jalan lagi,tapi di gendong ! Yeee,maunya…Sudahlah, demi menghibur hatinya yang lara, sambil di gendong papanya dan nonton domba lagi ngegosip (alias mbak-mbek mulu ),kulanjutkan menyuapi dia sarapan pagi….

Subhanallah, meski bukan pertama kali ke sini, tetap saja terkagum-kagum dengan pemandangannya….Sayang melewatkan ipemandangannya bagus,foto dulu ah...ndahnya panorama, foto-foto deh…

nyoba ah jalan diantara dedaunan...

Daffa yang sudah lupa dengan kekecewaannya, langsung menunjukkan ‘asli’nya…Dengan riang dia lari-lari kecil di jalanan yang mulai menanjak diiringi papanya. Mamanya? hehehe….ga kuat lari,Nak…alhasil aku yang sering di tunggui Daffa. Tiba-tiba kepengen ngajak Daffa jalan diantara rimbunnya dedaunan teh, ngasih dia tantangan baru…Daffa asyik-asyik aja.

mak....capeeekkk...Setengah jam jalan, akhirnya dia nyerah juga….Jatuhin badan di rumput,atur nafas,santaiiii….Kalo Daffa sudah bisa ngerasain capek,ini sebuah kemajuan untuk dia.Berarti salah satu tujuan hiking terpenuhi,yaitu kemampuan regulasi diri! Jadi,selain hiking ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan otot (proprioceptive),keseimbangan (vestibular),sentuhan/peraba (tactile), juga agar anak bisa meningkatkan awareness terhadap bahaya,lingkungan,dan tubuhnya.

Tiga bulan yang lalu, Daffa kuat jalan sampai 2 jam lamanya,dan itu diselingi lari-lari kecil segala. Apakah dia capek? Tentu. Tapi tubuhnya belum ‘ngeh’ , dan dia tak tau bagaimana berhenti…Ketika jalannya mulai tersandung-sandung, tanpa dia minta, papanya menggendong Daffa. Alhamdulillah, sekarang kalau lelah dia akan duduk sendiri,dan kalau haus, dia inisiatif bilang,”Taduuu!”Bahasanya Daffa untuk ‘minum’😀

Jam 9.30 kita sampai kembali ke parkiran,siap-siap untuk pulang…

Jadi,bagaimana sayangku?

Hiking asyik kan?

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

11 thoughts on “Capek,Daff?? Jalan lagi yuuuk…

  1. namanya juga proses pembelajaran. mesti pengalaman dulu, baru deh di nilai. klo cape ya duduk, haus minum, minta sesuatu ya ngomong. lama2 juga pinter. yg penting sih di arahin. jgn kayak tarzan nantinya.🙂

    *manggut-manggut*
    Sepakat!

  2. asik emang jalan2 sama suami/istri dan anak..
    wah apalagi di kebun teh gitu.. segerrrr…
    jadi pengen bawa jalan2 lagi istri dan anak2ku..🙂

    “mm..palagi bawa bekal,piknik aja di kebun teh,di jamin seru!. salam untuk ananda dan istrinda, ingat janjinya…;D

  3. wah..sy senang liat daffa ceria…
    tetap semangat yah ni….🙂

    “terima kasih Da Alex…belum sempat mampir saya, sudah sehat dan fit kah?”

  4. waah asiknya…meni indah gitu ya teh pemandangannya…
    btw ko kita ga diajakin hehehe maunya nih😀
    Daffa meni hebat, kecil2 dah naek turun gunung….wah tante le nya ngiri nih (pengen=))
    smangat ya teh!!

    “Haaaa,bener jugaaa….Minggu depan ikut yuuukks, kangen nih ama si kasep Athar”

  5. Saya senang sekali melihat senyuman si daffa,… Kompak bget ama ayah bundanya,…. jd pengen secepatnya nyusul

    “Amin Da Helvy…Semoga segera di beri “Ubek latiah palarai damam”…salam balik dari Daffa Om🙂

  6. semangat uni….
    eh apakah sekolah untuk daffa udah dapat?
    senang sekali saya melihat keceriaannya

    Iya nih Om, kandidat udah dapet…cuma masih dalam pertimbangan….Maklum,ga semua sekolah dengan tangan terbuka dan siap mental terima anak Special Needs…Tapi tetep SEMANGAT yah?Life must go on…

  7. Alangkah bahagia melihat foto-foto yg anda tampilkan, tampak keluarga yg penuh cinta.
    Terus terang saya iri loo

    http://iwanmalik.wordpress.com

    Alhamdulillah, alhamdulillah,alhamdulillah…mengutip kata seorang ayah :”seberuntung-beruntungnya orang yang punya anak, lebih beruntung orang yang punya anak autis tapi masih bisa hidup bahagia”.terimakasih sudah mampir ya Pak…Insyaallah nanti saya kesana…

  8. Wuahhhh barusan aja aku dapat info, kantorku mo buat acara FAMILY gathering di perkebunan teh gunung mas, cihuyyyyyyyyyy…. Riza harus diajak nih, dia seneng banget lari-lari di alam terbuka.

    Salut dech ama perjuangan mbak… salam kenal ya??? Btw jadi seorang ibu adalah hal yang TERINDAH dalam hidupku. Aku pernah kehilangan anak pertama, dia meninggal 2 jam setelah dilahirkan. 2 tahun kemudian lahirlah Riza, segala tingkah polahnya… hanya kata ALHAMDULILLAH yang selalu aku ucapkan…

    kapan nih ke sana?
    kali kita ketemu? *lho,emang hiking daffa ke sana terus?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s