Posted in okupasi dan speech therapy, Tentang aku dan pikirku

New Milestone!


Woi,daku macet lagi!

Sayang banget sebenarnya melewatkan beberap moment tanpa mengabadikannya di blog ini…Yah,daku kan pelupa, sapa tau wordpress bertahan sampe daffa dewasa,dan dia bisa baca gimana masa kecilnya….Kalau ngarepin daku cerita ulang sih, ga janjiii….Banyakan lupa daripada ingatnya…

Jadi,ada apa saja belakangan ini?

Pertama,

Daffa sukses lepas dari DOT! Alhamdulillah…

gigitin-dot2Gimana ceritanya? Ini masih kelanjutan dari cerita alergi ini-itu sih. Secara Daffa di larang untuk minum susu sapi dan susu kedele, jadi aku langganan susu kambing deh sekarang! Ga amis kok, lebih manis dari susu sapi malah. Tapi namanya selera kan ga bisa di paksa ya? Daffa ogah ngenyot itu susu dari dot. Taro digelas? Ogah minum. Jadi,demi cintaku padanya, kusuapi dia sesendok demi sesendok….Reaksi awal sih, biasa….mo muntah. Dasar dia tabah kali ya, minum obat pait aja lewat, abis juga deh sampe 120 cc.

Besok susunya kumasukin dot lagi,ku kasih coklat organik…Masih menolak, emang ga seenak “cocoa ” sih…hehehe….Di sendokin lagiii….Dan berlanjut sampai hari ini!! Bye-bye dot….Lho,malam mo tidur ga rewel?? Pertamanya sih masih teriak,”TUTUUUUU…!!” Ku kasih dot isi susu,cicip sekejap, taro. Ku ganti air putih, beberapa isap,taro lagi. YaSud, ga usah ngenyot deh Nak,sayang gigimu….Akhirnya Daffa cuma request,”Athell…” Gatel,katanya…kugaruk pelan punggungnya sampe pulesss…..

KEDUA,

Sejak makannya di pantang, nafsu makan nimbul!

makanTau ga sih,Daffa itu dari jaman dia bayi udah bikin daku jungkir balik gara-gara susah makan. Anak lain udah kenal nasi dari umur setahun, dan dia?? Akhirnya lolos seleksi juga itu nasi umur hampir 3 tahun! Selama itu makan apa aja? Bubur ayam, tim,bubur susu instan, ah….pokoknya yang ga usah ngunyah deh!

Satu-satunya makanan yang bisa bikin giginya bekerja adalah KE-RU-PUK!! Ealah,….itu badan sampe ikut gepeng kaya kerupuk. Dan nasinya itu mesti agak lembekan, berkuah,sayur dan lauk harus dirajang halus. Makan buah? Jangan di harap! Alhasil, Daffa nambahin kerjaan maknya ini dengan memblender buah, menyaringnya, mengencerkannya, dan menyendokinya! Terimakasih Nak, kamu bikin mama bergerak….*cuma koq ga kurus-kurus?haduuuhh* Sekarang??? Alhamdulillah, makannya udah 2-3 kali lebih banyak dari biasa! Sayur dan lauk masih tetap di potong kecil, tapi….cukuplah bikin maknya sumringah!Sebelumnya nyuapin dia sampe 1,5 jam, hm…belakangan ini 20 menitan juga kelar…Alhamdulillah, mohon Engkau jaga ya Allah…..daku stress kalo dia kembali GTM ,^ gerakan tutup mulut Bo^

KETIGA

BAB-nya mulai normal…

dsc003091Sorry yah,ngomong jorki dikit…Daffa tuh udah sembelit kronis dari usia 6 bulan! Hwaaa,gue kaget pertama kali nemu ee’ nya dia yang keras,hitam,seperti batu, baunya ampun tengiknya! *sapa tuh yang tutup idung?!* Berlanjuuuuttt….terus sampe usianya 3 tahunan ini…Jarang banget deh nemu pupnya dia itu lembek,kuning, aroma khas ee’ anak-anak…Wah,aku ya, kalo pas dia ee’ begini, seneng banget nih bersihinnya….Kadang sampe berkaca-kaca…*halah* Sekarang membaik,alhamdulillah….Masih belum bisa spontan memang, pas mules langsung keluar gitu. Belum. Dia masih perlu waktu buat ngeluarinnya, kadang sampe cari pojokan yang tenang untuk prosesi eksekusi….Jadi masih ee’ di celana? Iya,masih….Aku masih mencoba bawa dia ke kloset, dan itu selalu berakhir dengan GAGAL PUP,ga jadi keluar. Mulesnya ilang,dan artinya kotoran itu masih setia di perutnya sampai entah kapan…Kadang baru besoknya bisa keluar. Kasian kan? Jadi toilet training yang baru berhasil adalah PIPIS. Dia turunkan celananya, berjalan ke kloset, pipis, guyur,cebok,dan kembali menaikkan celananya. dan untuk anak seperti Daffa, itu PENCAPAIAN YANG LUAR BIASA.

Kembali ke “eliminasi fecal” (taela, pake bahasa keperawatan nih😛 ), sejak di diet kan, BAB nya mulai lembek,bukan encer, warnanya menguning dan baunya tidak tajam. Lama ngedennya juga relatif lebih singkat…Nah,kalo dia udah nyaman dengan proses BAB yang tidak menyakitkan, baru deh…pelan-pelan kuajari ke kloset. Doakan berhasil ya??Oke,Oke??

KEEMPAT

Daffa jauh lebih ngonek dan kooperatif

Beneran, dia jarang ngamuk lho sekarang. Misal kita mengajaknya ke suatu tempat,dan di situ dia nemu BOLA. Sebelumnya, dia akan ngotot untuk membawa pulang bola itu bagaimanapun caranya. Sekarang,setelah kita bilangin pelan-pelan,” Tidak, itu bukan bola Daffa, ayo Daffa kembalikan” Dia akan taro kembali ke tempatnya, dengan wajah yang berat hati tentu saja😀

kiss-muachDaffa juga lebih tenang, lebih respon jika di panggil dan di suruh, dan melebihi dari itu semua…DIA ANAK YANG HANGAT! Suatu kali dia baru menyadari di wajah emaknya ini banyak sekali bintik hitam (baca: tai lalat,red). Dengan sungguh-sungguh,dia menangkup wajahku dengan kedua tangan kecilnya,ekspresinya tampak khawatir sekali. Dia meniup mukaku,”shh…shh…” menunjuk tai lalat ku dan bertanya,”Atidd??” Sakit??,tanya Daffa. Dia meniupnya lagi hati-hati ,menatap mataku,memastikan aku baik-baik saja…Tak bisa tidak, air mataku hampir tumpah rasanya.

Dia bukan Autis, aku semakin pasti!

Ah,tapi label itu tak penting….Mau PDD NOS kek, mau ASD kek, mau mild autism kek,…yang penting adalah BAGAIMANA MENGATASINYA, BAGAIMANA MENDAMPINGINYA,DAN TETAP MENCINTAINYA APA ADANYA.

Setuju???

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

8 thoughts on “New Milestone!

  1. bahagianya orang tua yang menyaksikan anak-anaknya tumbuh sehat dan cerdas seperti daffa.
    dan pastinya, daffa adalah anak yang beruntung dilimpahi kasih sayang kedua orang tua seperti uda dan uni.
    mudah-mudahan daffa tumbuh semakin sehat dan cerdas, dan segala kekuatiran tentangnya tidak terjadi. amin.

    “Amin,Unie….terimakasih banyak doanya….Saya selalu berharap Daffa bisa mengejar ketertinggalannya….”

  2. cinta kasih mbak adalah obat buat daffa…..he must be proud of you mbak…..

    “Saya yang bangga dengan dia mba Nov,…saya cuma ngedampingi ajah….:) Thanks yah, dikau ibu yang hebat dan asyik pula.”

  3. Duh mbak Ade, saya terharu dan bahagia membaca postingan ini karena Daffa sudah banyak kemajuan. Masalah label ini atau itu nggak usah dipikirkan atau terpengaruh orang lain, yang penting sebagai ibu, madaff membesarkan dengan cinta (hehe, sok tau ye… :D)

    Semoga kelak, Daffa bisa membaca blog ini dan bisa mengetahui perjuangan madaff yang luar biasa dan betul2x sesuai lagu ‘Kasih Ibu’…

    Kasih Ibu,
    Kepada beta,
    Tak terhingga sepanjang masa.
    Hanya memberi,
    Tak harap kembali
    Bagai sang surya,
    Menyinari dunia…

    SELAMAT HARI IBU ya…

    Hugs,😀

    “Waduh,dinyanyyin mba Fely jadi blushing saya….Saya masih mesti banyak blajar….ternyata jadi Ibu itu belajar tak ada henti, ga pernah tamat….thanks supportnya mba’, semoga Daffa semakin membaik…”

  4. Wuahhhh… ternyata aku jadi punya TEMAN😛 Aku juga nulis blog dan menceritakan segala hal tentang PERKEMBANGAN buah hatiku, Riza… dengan harapan kelak dia besar dapat membaca… gimana IBU-nya ini selalu menyayangi dan MENCINTAI-nya sepenuh hati🙂 [mudah-mudahan blogspot tetep eksis hingga Riza besar nanti, amien😀 ]

    Selamat ya mbak… Daffa udah bisa LEPAS dari dot-nya. Giliranku nih, Riza dah 3 tahun tapi blum amu lepas… kalo mo bobo, pasti yang diABSEN adalah DOT dan boneka Donald Bebek…😦

    Slamat hari IBU mbak… salam sayang tuk Daffa

    -Noer-

    “SELAMAT HARI IBU juga mba noer….Sebenarnya itu terjadi begitu saja sih, dari dulu saya selalu tidak tega kalo harus menyapih dia…eh,berhenti sendiri gara-gara susu kambing…Syukurlah, Allah Maha Tau saya tidak mampu bila harus “maksa” dia berhenti…jadi Dia membantu saya melalui Daffa sendiri. Selamat berjuang ya mba’…Someday Riza pasti bye-bye dengan dotnya…Semoga menemukan cara yang tepat. “

  5. mbak ade…..ga tau ma ngomong apa, kecuali selamat semoga Allah SWT menjaga Daffa dane menjaga hati mamanya yang baik…semangat ya mbak, jangan ragu2 buat kontak kalo ada yang bisa aku bantu

    *ambil tissue.lap ingus*hiks…terharu…makasi ya mba’….I’ll do it.”

  6. setuju! label itu tidak penting.

    walau saya sendiri jungkir balik cari label yang tepat, abis tiap ‘ahli’ diagnosisnya beda-beda😉.

    ternyata lebih nyaman saat kita memilih satu jalan, dan konsisten.. walaupun suka goyah lagi kalo baca ato denger komen yang beda.

    oya mba, anakku juga spesial *hihi..buat aku semua anak spesial :p*. alhamdulillah getting better everyday.. dan setiap milestone yang dia lewatin buat aku adalah nikmat yang tak terhingga rasanya.. buat ortu anak spesial, hal yang biasa pun bisa jadi sangat istimewa kan :-)?

    “Sepakaaaattt,…doh, tepat banget penggambarannya,mba’…Hal biasa yang dia bisa, jadi terasa istimewa.Absolutely right! Trimakasih dah mampir ya mba’….Ntar aku maen ke sana, deh…sediain kue yah..hehehe”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s