Posted in Tentang Daffa

Daffa udah S3 lho…

Daffa pertama kali bersekolah di daerah Rungkut Lor Surabaya, sebuah sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Sebenarnya ke sini, cuma niat terapi. Tapi setelah secara halus di bujuk sama pihak sekolah, Daffa akhirnya tiap hari juga tuh masuk dari 8-12 siang. Gileee, umurnya aja belum genap 2 tahun kala itu. Mak-nya emang panik kali yah, pengen buru-buru anaknya “normal”, mau-mau ajah anaknya “sekolah” selama itu. Daffa mah hepi-hepi ajah, emang kegiatannya ga berat kok…Tapi Daffa di situ cuma 3 bulan! Singkat cerita,setelah di evaluasi ulang, sekolah ini kaga mutu (menurut standar maknya Daffa). Beberapa kali kedapetan pas jam terapi one to one, terapisnya baca koran, anaknya sibuk aja sama diri sendiri. Kita hengkang deh! Tapi Daffa sempat ngerayain ulang tahun ke dua lho di sana….

Daffa ngerayain ulang tahun kedua bersama anak-anak special needs lainnya
Daffa ngerayain ulang tahun kedua bersama anak-anak special needs lainnya

Sebenarnya pengen nampilin juga foto kegiatan Daffa di sana bersama temen-temennya. Tapi kan sudah ku bilang,di sono kaga bagus, nah..ntar ada yang nemu blog ini, di tuduh pencemaran nama baik lagi!

Sekolah kedua, dimulai di Bulan November 2007. Setelah keluar dari sekolah autis tadi, kita panggil terapis ke rumah untuk Terapi Behaviour. Jalan 6 bulan, Daffa udah mulai tenang dan ngerti perintah sederhana seperti “sini”, “tidak”, “duduk” . Terapisnya ngerekomendasikan Daffa untuk masuk Play Group, untuk sosialisasinya dia. Pilihan jatuh nih ke Sekolah Harapan Bangsa, Kepuh Permai,Sidoarjo. Sepuluh menit driving dari rumah, worthed lah ya….Sekolahnya bagus,meski baru seumur jagung usianya. Dan yang penting, guru-gurunya welcome banget, mereka ga keberatan menerima Daffa malah merasa sangat ingin membantunya untuk membuatnya lebih baik. Padahal Daffa tuh masih pecicilan, ga bisa ngikutin pelajaran apapun, tapi sejauh yang aku lihat dan rasakan…Daffa memang hepi di sini, banyak perkembangannya, meski tetap belum keluar kata.

Gurunya  lagi bimbing Daffa untuk salaman sama teman.
Gurunya lagi bimbing Daffa untuk salaman sama teman.

Sekolahnya punya kolam renang sendiri,mungil,tapi memadai...Daffa hibi bangeettss.
Sekolahnya punya kolam renang sendiri,mungil,tapi memadai...Daffa hibi bangeettss.

Nah,karena pindah ke Jakarta, Daffa juga “lulus” deh dari sana. Jujur, aku suka sekolah ini.

Nah lagi, tanggal 5 kemaren Daffa resmi jadi murid Play Group di…hm, aku belum pede nih nyebut sekolahnya. Yang jelas, dekat dengan rumah (cuma 4 menit driving/pake bajaj aja). Baru dua kali sih Daffa masuk, karena setiap Rabu kan Daffa terapi Sensory Integrasi. Yang menggembirakan, Daffa tak seperti yang kukhawatirkan. Dia langsung enjoy kok, meski belum mau ku tinggal keluar ruangan. Tidak mendorong teman, hanya teriak-teriak saja karena excited. Masih belum mau berbaris, tapi sudah mau duduk manis untuk menggambar dan makan snack.

Lagi belajar make kuas....
Lagi belajar make kuas....

Ini asli hasil karya Daffa. Aneh ya warna apel nya?
Ini asli hasil karya Daffa. Aneh ya warna apel nya?

(mengingatkanku pada gurunya di Surabaya dulu….Daffa mau pegang crayon dan berhasil bikin satu garis saja, gurunya sudah gembiraaaaa sekali. Apalagi aku *hiks* )

Temen-temenya lagi ceritain suasana liburan. Daffa ga tertarik, dia menepi saja.
Temen-temenya lagi ceritain suasana liburan. Daffa ga tertarik, dia menepi saja.

Hm, sejauh ini sekolah ini OK. Materinya ga padat, banyak bermain, dan quota guru dan murid sih pas. Adayang ngeganjel sih sebenarnya. Aku belum bisa bilang, terlalu cepat menilai tidak baik bukan? Yang bisa kukatakan, aku kangen guru-gurunya Daffa di sekolah Daffa dulu…Mereka benar-benar peduli.


Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

8 thoughts on “Daffa udah S3 lho…

  1. Selamat ya Daffa sudah S3,
    Om saja cuma S1 he.. he..

    Semoga sekolah yang baru ini akan membawa kebaikan buat Daffa untuk terus maju dan berkembang.

    Buat Madaf dan Uda Sony jangan pantang menyerah ya. Setiap kesulitan tentu ada kemudahannya dan senantiasa ada kebaikan bagi orang-orang yang bersabar.

    Salam dari Surabaya

    “Hehehe, S3 Daffa mah Play Group kabeh,Om😀
    Trimakasih doanya,….semoga kami senantiasa on the right track ya Om…
    Salam dari Jakarta untuk Nurul, Alfath,Aslam,Halim. Miss them all…..”

  2. SHB bagus ya? Lagi ragu-ragu nih mau masukin Aslam di mana. Rasanya kok jauh ya SHB itu.
    Trus poin minusnya di aku krn SHB bukan TK Islam. Menurutmu signifikan ga ya pengajaran agama antara TK Islam dan TK Umum?
    Tapi soal guru2nya care sama murid sih aku setuju karena keliatannya begitu (namanya juga blm mengalami langsung)?

    “bagus,insyaallah….guru-gurunya emang masih pada muda-muda, makanya pada semangat kali yah? Uang masuknya juga ga gila2an harganya…ga nyampe sejuta deh stahun yang lalu….Cuma ya itu, bukan TK Islam….jadi belajar doanya ga banyak….Yang sekolah sekarang, lumayan banyak belajar doa dan ayat2 pendeknya…tapi Daffa masih belum bisa ngikutin, dia masih wara-wiri….Hm, SHB ga kejauhan dari rumahmu yang sekarang?”

  3. semoga dapet yg bener2 pas di hati ya mbak..pas di Daffa juga..tapi siapa tau di sini juga pas lama2

    “Amin mba Ova….Kita masih hunting mba’…persiapan buat Daffa SD, maunya sekolah inklusi gitu deh….atau sekolah biasa yang biasa nanganin anak SN. Kasian juga kalo liat gurunya bingung mau diapain muridnya yang “istimewa ” ini…Sekarang mah buat sosialisai aja dulu…,mengenal lingkungan dan orang sekitar…thx yo mba Ova…hugs buat Kenny”

  4. salam kenal..
    saya calon guru TK.
    3 hari yang lalu adalah kali pertama saya berhadapan langsung dengan ABK di TK tempat saya observasi, di TK Islam daerah Wiyung (TK At-t). TK ini bukan TK untuk ABK. Tapi kepseknya mau menerima seorang ABK tanpa sepengetahuan pihak managemen, karena kepseknya ingin ABK juga merasakan di tengah-tengah lingkungan normal.
    subhanallah, yang bikin saya terharu.. teman-teman si ABK tadi sangat perhatian dan melindungi si ABK. Meski mereka seirng diganggu si ABK ini, tapi mereka tidak marah…karena mereka sudah diberi pengertian pleh ustadzah di sana mengenai kondisi si ABK ini.
    Tahun kemarin si ABK ini masih playgroup.. tapi karena kemampuannya sudah di atas rata-rata siswa playgroup..maka ustadzahnya nekat menaikkannya menjadi siswa TK B.
    tapi karena di sekolah SD nya tidak menerima siswa ABK…maka si ABK ini akan pindah ke TK Al-Az*** , karena kalo sekolah di al falah cibubur ..terlalu berat biayanya..

    hmmm… seneng berkunjug di blog ini…semoga bisa menambah ilmu saya tentang ABK…🙂

  5. Subhanallah…..semakin kita mengenal anak-anak, semakin kita tau betapa bersihnya hati anak2 ya Bu? Bila anak2 di diidik untuk sayang teman, untuk menghormati orang lain, untuk berbagi, insyaallah dia akan jadi pribadi yang unggul….Ada 18 sikap yang di tanamkan di AL Falah ke pada guru dan murid2nya, dan mereka sangat berusaha untuk istiqomah dalam mengamalkan 18 sikap itu.

    Terimakasih sudah berkunjung ya Bu…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s