Posted in Tentang aku dan pikirku

Ke Sekolah Putik

Sudah bulan Mei,…..sudah dekat tahun ajaran baru. Dan merasa sudah saatnya untuk memikirkan sekolah Daffa (lagi). Sejujurnya agak gimana gitu yah dengan pengalaman kemaren ini. Tapi life must go on, tul ga? Mulailah kita ngelirik lagi sekolah-sekolah umum yang di rekomendasikan dari mailing list yang ku ikuti.

Setelah brosing-brosing yang tak terlalu lama,-karena udah pernah sebelumnya-, hari ini aku mengunjungi Sekolah Putik di daerah Duren Sawit. Sebelumnya aku udah pernah punya niatan untuk survey ke sana, tapi jujur pas denger biayanya… langsung surut…Belum lagi aku kan ga kenal daerah Duren Sawit, meski sama-sama Jakarta Timur. Belum sreg aja dengan jarak tempuhnya. Takut keteteran….

Tapi tadi sampai juga aku dan Daffa di sana. Selama di perjalanan, aku sibuk ngapalain jalan. Dan alhamdulillah sepertinya tidak sesulit yang kubayangkan. Insyaallah, kalau memang Daffa jadi bersekolah di sana, aku agak pede lah untuk driving ke sana, karena jalannya masih agak familiar (ga sia-sia sering mondar-mandir pondok kopi ke rumah tante dan temenku,Arie). dan jarak tempuh sekitar setengah jam….Nah, yang ini worthied ga yah? Daffa harus bangun lebih pagi….

Sampai di sana di sambut mba yang ramah. Dia menjelaskan tentang sekolah Putik juga program dan tujuan pendidikannya. So far sih cocok dengan apa yang ku harapkan. Apalagi sekolah ini punya pengalaman dalam menangani anak seperti Daffa. Satu lagi sekolah ini berbasis Bahasa Indonesia. Kalau yang bilingual…agak-agak gimana ya?Takut ga bisa ngikutin Daffanya…Tapi ternyata dari hasil brosing-brosing, sekolah bilingual/ internasional yang banyak di rekomendasikan…Bingung juga. Ya udahlah, satu-satu dulu surveynya…

Belum mutusin sih Daffa mau di skulahin dimana…Timbang sana-sini dulu. Tapi PUTIK masuk itunganlah hehe… Hayuk,buka mata dan telinga lebar-lebar…Yang jelas kriterianya: punya pengalaman dan selalu upgrade pengetahuan nangani anak SN, trus ga jauh-jauh amat (kasian kan capek di jalan? ) dan sesuai budget tentu saja….Mudah-mudahaam kita di tambahkan rezki oleh-Nya ya Daff….sehingga Daffa bisa sekolah di tempat yang mau dan mampu membantu Daffa untuk menjadi lebih baik. Amin🙂

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

9 thoughts on “Ke Sekolah Putik

  1. Semoga cepat bisa memutuskan…
    akan lega sekali rasanya=)

    btw, anak saya juga baru awal mei y.l masuk kelas dede putik yang di Cibubur.
    so far, dia ucapkan rasa senangnya dengan cerita
    kegiatan dia selama sekolah dengan antusias.

    “trimakasih sudah berkunjung Bu Nila…iya nih, semoga bisa cepat menemukan yang paling sreg….Salam buat buah hatinya🙂 “

  2. Amiin. Bismillah ya De, semoga Allah SWT selalu memudahkan.
    Cun buat Daffa.
    Afwaaann udah lama nggak nongol🙂

    “Rayaaaaaaa,long time no see…akhirnya muncul juga ke permukaan, lama banget nyelamnya say..hehe..makasih ya..:)”

  3. Aku sekarang lagi bingung gimana antar jemput Aslam kalo adeknya udah lahir dan belum ada PRT lagi. Masa’ boyongan anter Aslam sekolah sambil bawa 2 adeknya…? Tapi insya Allah, selalu ada jalan ya. Yakin aja…🙂

    “Insyaallah selalu ada jalan….Mudah2an nyetirnya semakin lancar, jadi bisa boyongan kalo ke paksa🙂 “

  4. Kebetulan anak saya sekarang di TK B Putik Duren Sawit. Dia sekolah disitu dari umur 2,5 thn. Perkembanganya cukup baik. Dari yang kokokan menjadi mandiri. Yang saya suka dari Putik adalah proses belajarnya. Anak tidak hanya melihat dari buku tapi juga merasakan langsung. Misal belajar tentang pasar, ya suasana kelasnya dibuat seperti pasar. Ada yang jual sayur, buah, dll. Trus juga dia menggunakan bahasa indonesia. Soalnya saya pikir anak saya ga akan saya masukkan ke SD bilingual. Jadi buat apa saya masukkan ke TK Bilingual. Nanti saya kursuskan bahasa Inggris saja.

    Maaf ya kalo kepanjangan…. Jadi Curhat nih….

  5. Sekedar informasi, anak saya sekolah di putik jatibening sejak kelas dede. Tiap pekan orang tua dapat laporan mingguan yang berisi kegiatan kelas tiap hari (kelas dede dan adik 3 kali sepekan), penilaian terhadap anak di hari2 tersebut, kelebihan dan kekurangan anak di pekan tersebut, dan saran dari guru untuk orang tua (plus agenda pekan berikutnya). setiap tiga bulan ada pembagian rapor yang wajib dihadiri orang tua (pertemuannya per anak, bukan per kelas). Di situ guru dan orang tua akan berdiskusi panjang lebar. Untuk TK, pembagian rapor ini tiap empat bulan, sementara laporan mingguan lebih detil dan skornya dibandingkan dengan rata2 kelas dan rata2 skor anak pekan lalu.

    Tiap jumat ada kegiatan agama sesuai agama masing-masing anak. Di TK ada kegiatan ekskul, Iqra’ bagi yang muslim (gratis), dan art club untuk anak yang mau (yang ini bayar), serta bahasa inggris (sayang di jatibening belum ada). Membaca, menulis, berhitung dan bahasa inggris baru mulai diajarkan di kelas TK.

    Oya, tiap bulan biasanya diadakan kelas keluarga putik, dimana orang tua diundang untuk menghadiri diskusi dengan tema tertentu yang dipandu oleh pihak putik dan psikolog. Di jatibening sabtu ini (13 juni 2009) agendanya kalo tidak salah ‘masalah anak prasekolah’.

    Satu lagi, tiap bulan ada tema yang berganti per bulan.

    Itu dulu ya bu.. maaf kepanjangan. Satu-satunya kendala rasanya adalah mahalnya biaya sekolah di putik :p

    “Terimakasih loh Pak Deddy,infonya….Putik memang bagus, tapi cukup jauh dari rumah saya…Sayang sekali ya…”

Tinggalkan Balasan

