Posted in Tentang aku dan pikirku

I’ve done my best,Mom….

Salah satu hal yang harus kami ajarkan kepada Daffa adalah melatih rasa tanggung jawabnya. Hal-hal sederhana saja,seperti membuang sampah ke tong sampah, meletakkan pakaian kotor ke keranjang cucian, menaro piring atau gelas kotor ke wastafel, juga melap lantai bila dia menumpahkan sesuatu…Untuk perintah sederhana seperti ini,alhamdulillah Daffa sudah paham, meski belum begitu konsisten.

Seperti biasa, ritual pagi adalah membersihkan teras  depan. Dan ini adalah bagian favorit Daffa karena dengan begitu dia bisa bermain air. Sering kali kesabaranku harus di uji, karena Daffa sering ngotot menguasai air untuk dia semprot sesukanya  yang kadang malah membuat pekerjaanku semakin lama. Memang merepotkan, tapi karena harus melibatkannya dalam aktivitas rumah tangga,ku coba enjoy saja. Lebih baik  begitu daripada dia kelak menjadi anak yang ‘berat pantat’  untuk menolong orang tuanya…

Hanya sebentar dia menemaniku pagi tadi. Sepertinya dia punya ide yang lebih seru. Benar saja, dia berjalan menuju kamar mandi belakang yang dekat dapur dan menyalakan kran selebarnya. Terdengar air mengucur deras diiringi nyanyian Daffa yang riang. Ku biarkan saja sambil berteriak kedalam rumah,”Hati-hati Daaaafff….Awas kepleset!” Dia echolalia dengan mengatakan,”Ti-ati ya” Aku cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan luarku.

Selesai,ku gulung selang, dan dari pintu Daffa muncul dengan basah kuyup dari ujung kepala sampai ujung kaki (padahal dia baru mandi dan ganti baju :(  ).” Ma, Acah…Ma….” Dia menarik tanganku. Aku mengajaknya ke kamar untuk ganti baju, tapi dia malah menarikku ke dapur.

Dan sampai di dapur…..Taraaaaa…….Banjirrrrrr…..Dan aku lebih tercengang karena di lantai sudah bergelimpangan onggokan kain yang ketika ku cek adalah jemuranku yang sudah kering tapi belum sempat kuangkat. “Ma, Ilap,ma…” Yah, I know honey….Kamu menumpahkan air entah bagaimana caranya sampai ke dapur gini, dan sebagai konsekuensinya, kamu melapnya dengan menarik handuk 2 lembar,dua helai baju badminton papa dari jemuran mama. dan kamu bingung, kenapa tidak kering juga lantainya dan kamu memanggil mama. Duh, Naaaaaakkkkk……itu kan mau mama setrika siang ini….hiks, di cuci lagi deh….

Daffa yang tau aku kecewa, memegangi pipiku dan membujuk dengan senyumnya yang lucu. Aku coba bertahan untuk tidak tersenyum.” Daffa, ini bersih…Tidak untuk melap ya.” Daffa cengengesan saja dan mencoba menarik simpatiku dengan meringis memegang bajunya,” Ma, Appa Acah…Duh, Acah ya Appa..Aju Acah ya!” Ku suruh dia membuka bajunya, mengambil baju salin dan mengawasinya belajar memasang celana dan baju sendiri. Masih sedikit di bantu🙂

Sambil mengeringkan dapur, aku menghibur diriku.” Yah,…tak apalah….Jadi kerja dua kali. Ngepel lagi, Nyuci lagi…Toh,Daffa jadi belajar sesuatu hari ini. Setidaknya dia belajar bertanggung jawab dengan perbuatannya. Dan bagusnya, dia tidak menurunkan semua cucianku ke lantai bukan?

That’s good honey….

Terimakasih untuk usahanya🙂

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

13 thoughts on “I’ve done my best,Mom….

  1. Duh, madaff bener2x ibu yang baik hati, penyabar dan tidak sombong… Dambaan banyak anak2x lainnya. Lucky Daffa, punya mama seperti mbak Ade…

    Lama nggak mampir ternyata sudah ganti tipe rumah maya…. Keren, sampe pangling….takut salah masuk😀

    Nanti aku bakal sering mampir lagi ya…. Sekarang dah tengah malem, tuh diplototin hubby, sempet2xnya ngeblog hehe😀

  2. Kita punya pengalaman yang mirip, kemarin udara dingin banget, Fakhri gak kuat nahan pipis, bundanya lagi sibuk bikin kue untuk dibawa ke sekolah. Jadinya udah aja pipis di lantai, trus dilap pake jaketnya yang baru disetrika dan untuk dipakai ke sekolah hari itu. Abis itu baru ngomong, piiipisss…piiipisss…
    Tapi ya udahlah, sabar… sabar…. Kan masih ada jaket yang lain.
    Salam sayang untuk Daffa. Kemarin kita belum sempat kenalan ya..

  3. Duh,sabar bgt ya uni ini.. Aku sering bgt ga sabar ma Dira… Pdhl maksudnya cuma pengen cari perhatianku…. Maaf ya,nak.. Makasi ya,unie

  4. @ mba fely : Ah, jangan tertipu diriku,,,,ga sabar2 banget kok, cuma lagi ga ada energi untuk marah2 saat itu….Daffa juga kalo kelewatan kena damprat juga😦 Iya nih, bosen ama yang lama…..Gimana,masih melebar ga tampilan blog ku di kompi mba fely? Salam buat hubby, suruh ngeblog juga mba hehehe….

    @mba Ova: kalo lagi lurus otaknya, bisa deh mikir begitu…kalo lagi angot, ngamuk deh pasti hahaha

    @ Bunda fakhri : Subhanallah…fakhri udah bisa ngomong yah….Daffa belum lurus ngomong pipis , bari “pipi” itu dulunya malah “titi”….Mudah2an Fakhri cepat m,embaik ya BUn….

  5. @ swastika :🙂

    @ rita: bener Ta…tapi justru lebih banyak ilang sabarnya..duh,maaf yah Nak….

    @imoe: salam kenal yah Imoe….dah mampir ke gubuk kami hehehe….

    @nurul: ga sabar2 banget kok…..kalo lagi bete, bisa teriak2 juga😦

    @ Ummu Dira: ah, jadi malu……you know me lah…ini hanya satu kasus dimana kepala lagi dingin….kalo lagi ga enak hati duh…..ubun2 rasanya ngebuuullll…

  6. Assalamu’alaikum
    Salam kenal ya……Mama Daffa,
    Seru banget nih,,,ngebaca cerita Daffa. Sekarang Daffa sudah umur berapa nie…?
    Tinggal di mana? Dah jadi nemu sekolah di mana?
    Anakku Safina baru 3 tahun,,,dia merupakan anak ke-3 saya.. Kelakuannya juga begitu,,,banyak aktivitas yang duh,,,,musti menarik nafas dalam2.. barangkalintar bisa tukar cerita,,,
    Wassalam

    “Salam kenal juga Bunda Fina….Masih hunting terus nih Bu cari yang semoga paling OK🙂 Salam untuk Fina ya,,..tetep sabar emang perjuangan ya Bun?

  7. Saya membaca tulisan ini sambil membayangkan adik saya, si kecil daffa. Sabar ya uni, itu bagian dari proses pembelajaran bagi adik saya itu. Btw, lucu juga ketik si daffa berusaha membersihkan sendiri air yang tumpah walau dengan baju si ayah yang nersih dan belum digosok. Hebat dirimu, daffa, yang sudah mulai bertanggung jawab.

    Bdw bagaimana sekolah daffa akhirnya uni?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s