Posted in kehamilan, Milestone, Tentang Baby K

Dede’ 28w3d :)

Udah datang lagi waktunya kontrol…duh senengnya bisa liat dede’ lagi meski cuman lewat monitor USG. Dari pagi hari kemaren, abang Daffa udah di kasi tau kalo malamnya mau periksa ade’ bayi. Kalau mau ikut, pulang sekolah mesti tidur siang dulu, biar ga ngantuk dan capek kalo ntar di rumah sakitnya lama.

Belakangan memang si abang susah diajak tidur siang, padahal dalam perjalanan pulang sekolah udah keliatan lelah, duduk nyender mata nerawang..tapi nyampe rumah kaya dapat energi baru lagi, langsung ke rak balok, ambil kertas, gunting dan plester, oprek-oprek mobilan kayu hasil karyanya dia. Kadang ganti bentuk jendela atau ganti model ban, atau apapun ide yang ada di kepalanya…

Daffa  emang selalu senang kalo di ajak ke rumah sakit, jadi dia ga nolak di minta tidur siang lebih awal.  Dia antusias kalo liat monitor USG atau bentuk pemeriksaan yang lain. Nonton ambil darah juga dia doyan, sampe-sampe di rumah kalo hayalannya lagi kumat, Daffa sampe minta suntik *pura2 sih *, nanti cari tali seolah-olah ada infusnya, trus setting tempat tidur seolah-olah lagi tidur di rumah sakit. Ini tidak apa-apa sih menurutku, asal di beri pijakan yang tepat tentang kenapa orang sampai di rawat di rumah sakit, bermain pura-pura itu sangat bagus untuk perkembangan kognisi dan sosialisasinya kelak.

OK, kembali ke kontrol ade’ bayi..

Berat badanku udah nambah sekita 11 kiloan, insyaallah… Udah mulai terasa nyeri punggung dan yang paling mengganggu sih, mobilisasiku mulai tergangggu karena nyeri panggul makin berasa. Kram, sejauh ini saat tidur munculnya, sudah dua kali terjadi. Alhamdulillah pas uda lagi di rumah…Ga kebayang kalo lagi tidur berdua doang dengan Daffa, trus kram menyapa, hoaalllahhh…paniknya ituuuu….

Biasanya uda langsung terlompat bangun kalo aku udah teriak-teriak,”Udaaaa….kraaaaaaammm”  hiks, kasian udaku, bangunnya kaget begitu. So, untuk kram ini, aku di kasih suplemen kalsium yang lebih OK,banyakin minum susu dan ga boleh capek capek. Mana kaki juga udah mulai bengkak, hm…mungkin tepatnya melebar yah… mesti tau kapan mesti istirahatin kaki.

Untuk nyeri panggul, aku mesti konsul ulang lagi nih sama dokter Rehabilitasi Medik, kaya nya ini efek dari jatuh di tangga sebelum hamil dulu. Tapi nyeri punggung saat tidur sekarang terbantu dengan adanya si nursing pillow yang di beli kemaren itu… Ternyata selain untuk bantal menyusui nanti, sekarang bisa di pake untuk bantal hamil. Aku naroknya untuk ganjel punggung pas tidur, alhamdulillah bisa lebih pulas tidurnya🙂

nursing pillow

Di liat dari monitor USG, alhamdulillah dede’ sehat. Gerakan aktif, hm..emang bener itu, kadang aku sampe heran dede’ lagi ngapain di dalam, nonjoknya suka bikin ngilu tapi geli juga…Tapi kalo dia lagi anteng, aku malah kangen sama sikutannya dia hehe. Dan kuperhatikan, dede’ cepat banget bereaksi kalo aku selesai makan, langsung deh ketok-ketok, nyundul-nyundul… Mudah-mudahan nanti makannya ga susah ya De’… mama masih berjuang nih untuk urusan makan sama Abang mu Daffa…

dede 28w3d

Sekarang berat dede’ udah sekitar 1272 gram, kata dokternya udah ga kegedean lagi, udah sesuai usia gestasinya yang 28 minggu, jadi mama ga perlu cek gula darah lagi, alhamdulillah. Mungkin ini efek dari ubah jenis nasinya, sebulan ini emang lebih sering konsumsi beras merah dari pada nasi putih. Trus, konsumsi habbatusauda juga sama minyak zaitun kapsul. Mudah-mudahan manfaat buat kita berdua ya De’…

Posisi kepala juga udah di bawah, meski masih ada kemungkinan muter, tapi stay there aja ya De’… anteng aja di sono okeh? hehe .

Trus, kita diperdengarkan juga suara jantungnya dede’, heart  rate nya bagus, 150bpm.Suaranya jantungnya terdengar indaaahh sekali meski kaya bunyi kereta lagi jalan hehe..

Hm..yang paling gemesin, meski pake USG 2 dimensi, kemaren itu wajahnya terlihat jelas… matanya merem, pipinya montok, bibirnya lagi manyun sih *napa de’? * dan hidungnya besar. waaaa…hidung siapa itu yah? hihihi…alhamdulillah, ga ada yang abnormal sejauh ini. Tapi aku penasaran loh pingin USG 4 D, ntar aku cari infonya dulu….Eh, tunggu baru inget… Dede’ kelilit tali puser. Satu  lilitan sih, moga-moga bisa lepas ya De’… biar bisa lahiran normal dan waterbirth, amin

Aku juga udah boleh mulai senam hamil. Tanya di Bunda Margonda, jadwalnya tiap Sabtu jam 9. Yaahh…Sabtu, itu kan weekend, maunya acara bareng papa-daffa  aja kalo Sabtu Minggu mah. Trus nelpon ke Hermina Depok, adanya Kamis jam 3 dan Sabtu jam 9 pagi juga. Hm, juga ga bisa…

Alhamdulillah deket rumah ada tempat senam, aku udah coba ikut beberapa kali senam hamil sama instrukturnya, private, gue doang, hehe…Kataku sih lumayan cocok dan ga berat, orangnya juga ada pengalaman mimpin senam hamil.Tapi penasaran juga dengan senam hamil di rumah sakit. Maunya sih hari kerja, jam Daffa masih di sekolah, nah itu baru sipp jadwalnya…

Aku jug a dikasih obat tambahan untuk ngurangin kontraksi. Ku pikir, normal kalo udah mulai perut mengencang pertanda kontraksi, baca di buku namanya Braxton Hicks. kontraksi palsu. Tapi kata dokter Topan, untuk usia kandungan segini, belum aman. Kontraksi palsu biasanya di mulai usia gestasi 32 minggu.

Aku juga masih boleh  nyetir, yang penting setirnya ga kesundulan perut. Ini sih ga terjadi, insyaallah, bisa di atur jarak duduknya….Yang kadang bikin sesak, kalo lagi nyetir eh si dede’ lagi peregangannnn….Huuuaaam…. maknya duduknya ampe ga nyaman, mesti ninggiin punggung. Btw, orang tua murid yang lain banyak juga yang heran-heran,” eh, masih kuat nyetir aja nih?” aku ketawa aja… Insyaallah, moga-moga aman dan selamat, emang tugasnya begitu, ya di jalanin aja. Sempat ada option untuk nyari sopir, tapi ga dulu deehh… Insyaallah masih mampu nyetir sendiri, paling sekali jalan setengah jam-an lah, insyaallah masih bisa di jabani🙂

Mohon doanya yaaa :))

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

2 thoughts on “Dede’ 28w3d :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s