Posted in Milestone, Tentang Daffa

Mama papa yang ga laku :P

Duluuuu ya, nungguin Daffa untuk bisa panggil aku ‘mama’ aja rasanya seabaaaaddd deh… malah duluan dia bisa panggil papa kayanya *hiks, cemburu*. Kalo kata terapisnya dulu, Daffa itu bingung dengan panggilanku yang banyak. Papanya panggil aku ‘Adin’, walau akhirnya demi Daffa ngebiasain diri juga panggil ‘mama’. Trus tetangga di surabaya manggil aku ‘bu Sony’, si mba manggilnya ‘ibuk’ dan adik-adikku manggil ‘Niade’. Kalo papanya rata-rata orang lebih konsisten dengan ‘Pak’ dan aku juga ngebiasain diri kalo di depan Daffa panggilnya ‘Pa’… nah, mungkin karena itu deh dia lebih duluan panggil papa daripada mama…

Hm, seiring berjalannya waktu dan perkembangan dia, akhirnya bisa juga deh panggil mama. sekitar usia 3 tahunan lah… Rasanya? …ga terkatakan, sueneeeeennggg… banget. Diringi dengan kosakata barunya Daffa yang mulai nambah juga meski ga langsung banjir kaya air bah seperti prediksi banyak orang, “ntar sekali ngomong langsung buaannyaak”. Kalo Daffa, dia bertahap. Tetep alhamdulillah dong….

Sekarang udah 6 tahun nih…Udah bisa ngerangkai kalimat meski kadang masi belepotan, belum bisa bedakan kalimat aktif dan pasif, mana subjek dan objek, tapi alhamdulillah, bagi orang-orang yang terbiasa denger dia bicara, bisa dimengerti Insyaallah…Mungkin saking lagi semangat eksplor, dia sempat panggil aku dengan ‘mamabunda’. Awalnya lucu juga dengerinnya, tapi terbiasa juga, namun ‘mama’ tetap panggilan utamanya untukku.

Nah, berapa minggu belakangan ini, dia ogah panggil Mama. Bisa di bilang udah 90% percakapanku dengan dia, dia keukeuh panggil ‘Bunda’. Ga tau juga dapat stimulus dari mana. Guru di sekolah juga panggil aku ‘mama Daffa’, bukan ‘Bunda Daffa’. Pun tetangga begitu. Lah, dapat inspirasi dari mana?Aku juga tak tauuuuu….hehe.

Memang ga ku larang sih,lagian kenapa mesti di larang? Bunda kan sama dengan mama? Pikirku, paling sesaat doang, eh ternyata aku salah…semakin ke sini semakin konsisten panggil aku Bunda. Pake protes lagi kalo aku atau papanya salah melabel aku. “Bukan mama,..BUNDA! ” Akunya yang bingung, serius nih?

Aku pastiin lagi,” Bunda atau mama sih Daf?”

“Bunda” jawabnya pasti

“Trus, ntar ade’ Daffa panggil apa?”

“Bunda” nadanya ga bisa di tawar.

Demi menghormati pilihan dia, akhirnya aku belajar deh namain diriku Bunda juga, meski masih sering keseleo lidahnya dengan mama. Seringnya langsung di koreksi Daffa sih. Misal,aku bilang…

“Nanti Daffa mama jemput ya…”

“Bukan mama, Bunda jemput ya ”

hehe, salah lagi.

Ku pikir, papanya aman nih, kayanya panggilan papa udah mendarah daging deh. Ternyata… papa juga mesti di ganti ‘Ayah’. Haha, welcome to the club deh Pa… Pertama-tama Daffa nya masih sering kebolak-balik, tapi belakangan udah mulai konsisten juga. Termasuk protesnya kalo ada yang salah manggil ayahnya ‘papa’.

Kita sih ga keberatan tentu saja.

Mama dan papa atau ayah dan bunda sama saja.

yang repot….lidahnya ini lo…

Ga kaya Daffa yang kayanya enteng aja ganti panggilan, kita berdua masih kagoookk bawaannya.

Mana Daffa nya rajin ngoreksi lagi…

Karena ade’nya Daffa dalam bbrp minggu ke depan udah mau lahir, akhirnya kita putusin manut aja deh sama si Abang. Ade’nya nanti ikut panggil ayah-bunda juga, biar ga bingungin…

Daffa…Daffa…

Ada-ada aja deh😀

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

5 thoughts on “Mama papa yang ga laku :P

  1. Hihihihih..Daffa lucuuu yah..semoga Rafa, cepat2 menyusul bisa panggil bunda..udah ga sabar menunggu moment2 itu..

  2. Hihihi…re juga musti manggil Bunda Daffa nih…

    Itu sama seperti adek re yang ‘semena-mena’ mengganti panggilan Bapak kami dengan Ayah. Tapi sampai sekarang tetep aja aneh rasanya manggil ayah, nggak bisa…

  3. @ bunda rania, bunda Rafa, tante re dan mamanya Zi… :

    ternyata ga selamanya ortu ngatur anak yah hehe… anak juga punya hak ternyata dia mau panggil kita apa…asal masih sopan aja, hayuk aja deehhh…. hehe

Tinggalkan Balasan

