Posted in breastfeeding, pengetahuan, Tentang aku dan pikirku

Breastcare untuk persiapan menyusui

Time flies so fast…

Ini ungkapan yang ga asing, sudah klise, tapi tetep saja selalu pas, terutama untuk orang yang senang berleha-leha seperti diriku….Tau-tau udah seminggu aja dari kunjungan ke RS.St.Carolus, dan utang untuk posting tentang cara perawatan payudara, belum juga kesampean sampai akhirnya mesti maksain jari-jari buat nampang lagi ngisi blog ini…

Hm…udah seminggu dari Carolus, trus cuman bermodalkan daya ingat *yang sering ga bisa diandalkan hehe* alias selama di sono ga nyatet atau di kasih leaflet gambar atau apalah,mari kita coba kegiatan training nya di gambarkan dalam tulisan… Hehe, asli, bingung gimana ngejelasinnya di sini, kalo sekedar ngerjain prakteknya,insyaallah ingat sih😛

Oh, iya, mudah2an ogut ga vulgar yah…Plis deh, ga maksud kok…

Teknik Perawatan Payudara selama Kehamilan (aman di lakukan di usia kehamilan 32 minggu ke atas)

  1. Sediakan minyak zaitun, atau minyak sayur juga boleh…. Baby oil juga oke, tapi agak panas yah? Juga,sediakan  dua carikan kain katun ukuran sekitar 5x5cm untuk kompres nipple. Jangan tissue atau kapas karena gampang sobek, malah nyelip ntar ke pori2 nipple nya. Juga dua buah waslap dan air hangat di baskom
  2. Cuci tangan jangan lupa….
  3. Kain katun di basahi, kemudian tempelkan ,masing-masing ke nipple kiri dan kanan, selama kurleb 5 menitan.
  4. Tarik nipple ke arah luar, kemudian putar ,masing-masing ke arah dalam sebanyak 30x. Tujuannya untuk membersihkan kerak-kerak yang mungkin ada,dan untuk melenturkan nipple supaya ga gampang lecet pas nyusui nanti. Basahi telapak tangan dengan minyak secukupnya. Oleskan ke mamae.

Ada tiga tahapan pemijatan mamae :

  • Letakkan telapak tangan kiri dan kanan di antara dua mamae (jari-jari menghadap ke bawah). Kemudian dengan tekanan pada telapak tangan, bawa melingkar mengelilingi mamae, dimulai ke arah atas, samping kiri dan kanan dan kebawah. Kemudian arahkan ke nipple, dan perlahan jatuhkan. Lakukan 30x.
  • Dengan menggunakan 3 jari (jari manis, tengah dan telunjuk), lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar membentuk spiral di satu titik area mamae,kemudian arahkan tekanan ke areola, lepaskan. Lakukan 30 kali di masing-masing mamae, dan pastikan semua permukaan mamae mendapat pijatan yang sama.
  • Posisi tangan menggenggam dengan ibu jari berada di luar. Lakukan pemijatan di permukaan mamae dengan gerakan seperti ‘ngulek’ di sekeliling mamae. Lakukan 30x, di masing-masing mamae.
  • Ambil waslap yang sudah di rendam  air hangat dan di peras, tempelkan di nipple. Jika waslap terasa mulai dingin, rendam lagi. Lakukan 3 kali pengompresan. Catt: jika sudah mulai menyusui , kompres 7 kali dengan selang-seling air: hangat-dingin-hangat-dingin-hangat-dingin-hangat.

Di sana juga di ajarkan bagaimana cara memerah ASI menggunakan tangan. Coba kuingat-ingat caranya yah, agak lupa nih karena memang belum di ulang lagi di rumah (ya iyalah….blom brojol ini hehe)…Hm,baiklah seperti ini….

Misal mau memerah ASI dari payudara sebelah kanan ya…

  • Caranya letakkan ibu jari di bagian atas areola,telunjuk dan lainnya menopang bagian bawah.Boleh posisi angka 6-12 atau 3-9 (kebayangkan posisi jarum jam?). Ibu jari beri jarak sekitar 3 cm dari areola, kemudian tekan ke arah areola dan nipple, peras dengan bantuan jari yang menopang.
  • Tangan kiri memegang gelas,di tempelkan ke telunjuk untuk menampung asi yang keluar.
  • TANPA MENGANGKAT ibu jari, urut kembali ke arah atas (keluar dari areola), dan pijat tekan kembali ke arah areola dan nipple. Ingat untuk tidak mengangkat ibu jari dari permukaan mamae.
  • ASI yang di dapatkan di minumkan kepada bayi dengan menggunakan sendok atau cangkir. Tidak dengan dot.

Hm..lebih kurang segitu deh yang bisa ku share ttg perawatan payudara dan cara memerah ASI dengan tangan. Mudah2an ga bikin bingung kalimatnya, secara dakuh ga punya gambarnya…

Mudah2an sukses menyusuinya. Amin…

HAPPY BREASTFEEDING!

Penulis:

Just an ordinary woman in extraordinary family

3 thoughts on “Breastcare untuk persiapan menyusui

  1. kirain udah lahiran mbak, hehe
    buat aku, pijat PD tuch emang berasa banget pengaruhnya ngelancarin ASI loch🙂

    ” beloooom,masih 37w nih….,hm..jadi harus buang rasa malas utk breascare yah biar sukses nih nyusui nya, amin..makasi mba Netta “

  2. wah,,,ntar kalo uda masuk minggu 32 mulai dicoba deh…
    makasih infonya mbak…:)
    smoga lancar lahirannya ya….

    “sama-sama mba’… semoga lancar dan sehat juga “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s