Kamus 2008 Daffa

terapi dengan latihan berkuda di pacuan kuda Pulomas
terapi dengan latihan berkuda di pacuan kuda Pulomas

Sebelum tahun 2008 benar-benar berlalu, aku ga boleh terlewat nih mencatat kemampuan verbal Daffa yang lumayan mulai “klik” di tahun 2008 ini.

Empat kata pertama Daffa: susu,mama, papa,dan Ayu (nama ART di surabaya dulu). Ini sekitar Mei 2008,usia Daffa saat itu 3 tahun 3 bulan…Artinya,setelah menjalani terapi selama 18 bulan !

Alhamdulillah,meski tak langsung membanjir, day by day ada yang nambahlah…tak bisa dia ucapkan,tapi mulai dia pahami.

Ku coba rekap ya, Edisi Mei s/d Desember 2008

Orang:

  • papa

  • mama

  • ayu

  • appa —> Daffa

  • tati —> panggilan untuk adik ipar (dari aunty)

  • atuk —> kakek

  • nene —> nenek

  • undi —> yudhis (anak om )

  • ade —> anak kecil atau baby

  • buk —> untuk yang bantu nyuci di rumah

Hewan:

  • miyu —> meongCat

  • titu —>tikus

  • cita —> cicak

  • immu —> semut

  • ita —> ikan

  • huk-huk —>anjingCat 15

  • yam —>ayam

  • owa –> kecoa

  • unda –> kuda

Aktifitas:

  • adi —> mandi

  • adi —> ambil (tergantung situasi)

  • bobo

  • alla —> sholat

  • inu —> minum

  • hayo —> keluar

  • dadah —> slamat jalan/ slamat tinggal

  • iyu —> ikut

  • dhudu —> duduk

  • naik

  • yuyun —> turun

  • nta–> buka

  • inta —> minta

  • mau

  • titi –> pipis

  • ee’ –> pup

  • abo –> cebok

  • eh…jatoh!

  • yah…mpah —> yah, tumpah

  • tutu —> tutup

  • tiyu —> tiup

  • ali —> lari

  • mu apa? —> dia ingin diambilkan sesuatu

  • adong —> gendong

  • batu’—> batuk

Kata Sifat

  • atit —> sakit

  • otto —> kotor

  • ena! —> enak

  • acah —> basah

  • hannah —> panas

  • ingi —> dingin

  • tatah —>patah

  • athell —> gatal

Benda sekitarnya:

  • iyawat —> pesawat

  • hana —> celana

  • aju —> baju

  • titil —> sisir

  • otto —> motor

  • tutu —>susu

  • titu —> pintu

  • awu —> daun

  • enak —> snack

  • tupu —> kerupuk

  • bola

  • alom —> balon

  • titi —> bisa gigi, bisa tipi

  • tata —> mata

  • ada —> sandal

Sapaan dan ucapan:

  • hallo

  • acih —> makasih

  • alayihu —> assalamualaikum

  • alalilah —>alhamdulillah

  • dadah

  • tiyati —> hati-hati ya…

  • Wooww —> kalau dia excited

Subhanallah,walhamdulillah,walailahaillallah,wallahuakbar…

Ternyata sudah lumayan ya meski belepotan…Pengucapannya masih belum jelas,kecuali beberapa….dan kadang tidak dimengerti bagi yang tak terbiasa mendengarnya…Dan,…jangan berharap terlalu banyak dia mau mengulang apa yang kita suruh untuk dia ucapkan! Kata-kata diatas lebih sering keluar secara spontan, not by request!

Tapi meski hanya selangkah, tetap judulnya “maju” bukan? Harus disyukuri dengan sangat.

Terimakasih ya Allah,

Laa Haula Wala quata illabillahil ‘alyil’adzim…

Tak ada Daya Upaya kami,kecuali atas izinMu yang Maha Agung.

Untuk cahaya mataku,Daffa…

.I Love You

Indeed.

8 thoughts on “Kamus 2008 Daffa

  1. Alhamdulillah..daffa makin pinter aja nih..seneng bgt teh geuningan dah bnyk bgt kosakatanya..wah bentar lg mamanya yg kalah crewet nih hehe..smangat teh!..trus diajakin ngobrol n crita aja..btw sama m athar..ms bny kt2 yg blm fasih..tp yakin aja kl dibiasain pst bs..salam bwt daffa y..”wechum” assalamualaykmny versi athar:) oy btw knapa y kangen trus baca blognya teteh..duuh jgn geer lho teh..

    “Awalnya masih ngaku ke orang-orang,kata-kata yang mulai dia pahami baru belasan….tapi ternyata setelah benar-benar di urut dan diingat-ingat,wah…udah puluhan! Begitulah kita terkadang,lebih fokus pada apa yang belum dicapainya,padahal….sesepele apapun kemajuannya, itu layak dirayakan dengan perasaan syukur yang sangat….Pa kabar Athar? Bundanya udah kalah cerewet belom? hehehe….Wah, daku tersipu banget ada yang kangen sama tulisan ‘ga puguh’ dan ‘Daffa centris’ kaya gini…Bosen lagi bacanya! ceritanya itu-itu ajah….Abis mo gimana ya? Jadi ingat sebuah ungkapan: BAGI DUNIA,KAU HANYALAH SESEORANG. TAPI BAGI SESEORANG KAU ADALAH DUNIANYA…Kenyataan bahwa dirimu (dan semua orang yang mampir) di sini tertarik untuk mengintip ‘dunia’-ku….adalah penghormatan besar untuk kami.I really appreciated it.

  2. sip mbak….maju terus…ayo daffa, bisa nak…bisaaaaa

    “alhamdulillah,dapat suntikan baru lagi nih…Ayo Daff, ntar ngobrol sama tante Ova di telpon ya? Okeh?”

  3. Alhamdulillah….Daffa banyak ya progressnya. Glad to hear that. Semoga makin bertambah pintar hari demi hari.
    Duh, salut deh sama perjuanganmu. Kalo aku masih jauh…

    Alhamdulillah….
    So pasti dirimu masih jauuuuhhh…di depan tapi! hehehe…Wong dah tiga, pasti lebih jungkir balik nih di banding aku. Hidup emak-emak! hehehe

  4. subhanallah…
    aku salut salut dan salut…
    buat semuanya, ya Daffa-nya..ya Mama-nya..
    benar2 membuka mata hati, bahwa kasih mama memang tak bertepi…

    Unie, terus berjuang ya..Allah tidak pernah tidur, Dia melihat semua upayamu mendidik Daffa.. insyAllah semua akan berbuah manis.
    Duh, aku salut banget deh…….
    semoga terus ikhlas ya..

    two up for Daffa and Mom!!!

  5. Mba … salam kenal, saya juga seorang ibu yang dikaruniai seorang putra (2 th 8 bln) berkebutuhan khusus (SID). Membaca kamus mba …. membuat saya meneteskan air mata .. khususnya saat membaca kata-kata pertama yang diucapkan si kecil (sama persis mba), terkadang ada rasa sedih mengingat berapa lama dan panjang cobaan yang harus saya lalui untuk melihat perkembangan si buah hati menjadi anak yang ‘normal’.
    Membaca blog mba, menambah kekuatan hati saya untuk lebih bersabar dan bersemangat demi kesembuhan si kecil.
    Thanx dan Salam untuk Daffa ya mba.

    “Terimakasih sudah mampir mba Razka….senang bisa berbagi….Salam buat putra/i nya yah….Tetap semangat,dan sabarrrrrr….(yang terakhir nih yg paling susah🙂 )

  6. Mbak salam kenal dari saya n keluarga di Jakarta….saya nangis baca nya mbak…Sepertinya Daffa mirip dengan anak saya….kebetulan anak saya Ahnaf sudah 3 tahun 3 bulan…..sampai saat ini belum dapat berbicara……..Ahnaf sudah ikutan terapi Wicara kurang lebih sejak usia 2 tahun 7 bulan, secara behaviour memang sudah terlihat kemajuannya. Namun kemampuan verbal nya kok ya gak nambah2 mbak….:-(( Kayaknya saya mesti belajar sabar dari mbak ya….Membaca blog ini menambah semangat saya bahwa Ahnaf pun pasti bisa bicara ya mbak…..terimakasih mbak….doain saya tetep semangat kasih yang terbaik buat buat Ahnaf….

  7. Sy tertarik jg mengikut sertakan anak sy terapi pacuan kuda, mohon info No. telp dan contact person pacuan kuda Pulomas, terima kasih atas bantuannya.

    “Pak Budi, kalau mau terapi berkluda, tinggal datang saja Pak ke Pacuan kuda Pulo Mas, tiap sore biasanya banyak kuda2 yang disiapkan untuk itu. Tarifnya sekita 40-50 ribu per setengah jam.Kecuali mungkin bila ingin berlatih berkuda, mungkin bisa langsung ditanyakan di sana.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s